Kemenparekraf Dukung Akomodasi 150 Tenaga Medis RSUP Fatmawati

Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam kunjungannya ke salah satu hotel yang siap menjadi akomodasi bagi tenaga medis di wilayah Jakarta Selatan. (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta – Setelah tenaga medis di sekitar Jakarta Pusat yakni RSCM, RSPAD,RSPI Suliati Suroso menerima fasilitas penginapan di hotel grup Accor, kini giliran tenaga medis di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan mendapat kesempatan yang sama.

Swiss BelHotel Pondok Indah  telah menyiapkan 80  kamar untuk  mendukung hal yang  sama yakni memfasilitasi akomodasi para tenaga medis RSUP Fatmawati yang sedang bekerja keras sebagai garda terdepan memerangi covid-19.

Dalam kerja sama ini, Swiss-Belhotel menyiapkan kamar dengan berbagai kebutuhan lainnya untuk lebih dari 150 tenaga kesehatan.

Namun demikian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio tentu mensyaratkan fasilitas dan operasional  hotel sesuai dengan standar kesehatan yang baik.

“Alhamdulillah sore ini kami mendapat dukungan lagi dari Swiss-Belhotel Pondok Indah dan RedDoorz untuk men  support tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Fatmawati sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pandemi COVID-19,” kata Wishnutama, saat kunjungan ke Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020).

Dalam kunjungan itu Wishnutama didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Fajar Utomo, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizky Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema, dan Staf Khusus Bidang Keamanan, Adi Deriyan Jayamarta.

“Saya sudah melihat fasilitas hotel ini dengan segala macam support-nya termasuk makanan, laundry, dan semua fasilitasnya dalam kondisi baik,” katanya lagi.

Ia mengatakan standar kesehatan ini perlu benar-benar diperhatikan agar memberi rasa aman dan nyaman bagi tenaga medis dan juga pekerja hotel.

“Sehingga para petugas kesehatan dapat beristirahat dengan baik, dekat dengan tempat pekerjaan, dan lebih efektif pekerjaannya. Begitu juga transportasinya, Antavaya menyediakan transportasi dari rumah sakit menuju hotel dan sebaliknya sehingga segala sesuatu lebih baik bagi petugas kesehatan berjuang menghadapi COVID-19 ini,” tambah Wishnutama.

Sementara itu Direktur Utama RSUP Fatmawati dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp. A, MPH menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyiapkan akomodasi bagi lebih dari 150 tenaga kesehatan RSUP Fatmawati.

“Tidak hanya tempat menginap yang nyaman, tapi juga laundry dan makanan. Ini tentunya dapat mendukung kinerja tenaga kesehatan dan perawat kami, sehingga mereka bisa fokus melayani pasien,” ungkap Mochammad Syafak Hanung.

Ia mengatakan akomodasi memang menjadi salah satu kendala yang dihadapi rumah sakit dalam situasi berjuang menghadapi COVID-19 saat ini. Sebelum adanya dukungan dari Kemenparekraf bersama industri pariwisata, pihaknya sedang mencari cara menyiapkan sarana akomodasi bagi tenaga kesehatan yang bertugas mengingat intensitas dan risiko mereka yang tinggi.

“Dengan dukungan ini mereka tentunya bisa beristirahat dengan nyaman, tidak ada pikiran yang terbebani lagi dan hanya fokus dengan pasien. Ini betul-betul dukungan yang kuat bagi kami dalam menangani pasien,” tukasnya.***

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*