Menparekraf Sandiaga Uno Sarankan Fokus pada Pasar Wisnus yang Sering Wisata ke Luar Negeri

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Ketua PHRI Kabupaten Garut Deden Rohim berfoto bersama Minggu (22/8). (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Garut 23 Agustus 2021-Jumlah kunjungan wisatawan manca negara yang anjlok bahkan nyaris di titik nol saat PPKM level 4 diberlakukan, memberi moral story  bahwa potensi wisatawan nusantara yang menghabiskan dananya untuk libur ke luar negeri perlu dijadikan target untuk beriwisata di dalam negeri,ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat pertemuannya dengan pengurus PHRI ( Persatuan Hotel Restoran Indonesia) Kabupaten Garut, Minggu (22/8) di Hotel Rancabango Garut Jawa Barat.

” Sebanyak 11 milyar USD wisnus habiskan berlibur ke luar negeri kalau kita bisa manfaatkan promosi dengan pendekatan medsos dan pengelolaan big data yang tepat, maka potensi itu tidak perlu ke luar negeri. Justru mereka sebaiknya disarankan berlibur di dalam negeri saja, ” kata Sandiaga.

Deden Rohim ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Garut pada kesempatan tersebut mengatakan kondisi Garut akan berubah setelah  jalan tol dibuka sehingga memungkinkan pintu masuk wisatawan lebih lebih lebar dan  ikut membangkitkan ekonomi pariwisata. “Garut yang punya topografi khusus, aksesibiltas yang baik akan mendorong mudah dijualnya  paket wisata, “katanya.

Indahnya panorama Garut yang mengundang wisatawan. (TP/Ist)

Saat ini jumlah Hotel di Kabupaten Garut berjumlah  89 dan Restoran  250, dan 47  desa wisata.  Delapan puluh persen industri parekraf di kabupaten ini telah menerapkan CHSE.  Namun pemberlakuan PPKM telah menyebabkan tingkat akupansi hotel terpuruk padahal sebelumnya meski masa pandemi, dapat menyentuh angka 40-50%. Sedangkan normalnya di angka 70%.

Kala itu para anggota PHRI Garut beramai-ramai mengibarkan bendera putih. Bendera putih dengan emoticon menangis ini dikibarkan di depan hotel dan restoran. Bentuk ungkapan keprihatinan agar pemerintah memberi solusi tidak hanya memutuskan aturan saat PPKM berlaku.

Pemerintah daerah akhirnya  tanggap dan memutuskan potongan 50%  pungutan pajak hotel restoran untuk Juli hingga September, seperti diungkapkan Fiki Radiansyah Sekjen PHRI pada kesempatan yang sama. Harapannya kunjungan Menprekraf ke Garut mampu memotivasi  pelaku industri parekraf di sana yang  telah 90% divaksin. Artinya sudah siap menyambut wisatawan. ***

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*