Wishnutama Sampaikan Dukungan Sektor Parekraf Tanggulangi Wabah Covid-19

Menparekraf Wishnutama Kusubandio . (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Segenap komponen bangsa dikerahkan untuk mengatasi bencana non alam pandemi virus covid-19. Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengungkapkan  bahwa prioritas Kemenparekraf bersama Kementerian dan lembaga lainnya saat ini adalah  mengatasi wabah dan dampak covid-19. “Kami menyadari betul dampak covid-19 bagi para pekerja dan masyarakat. Kita tidak hanya bicara mengenai kondisi ekonomi, namun yang terpenting menjaga kesehatan dan keselamatan setiap individu masyarakat indonesia,” katanya melalui virtual press statement di saluran YouTube pada Selasa (23/3).

Dimulai sejak tanggal 18 Maret lalu  telah di edarkannya  perintah untuk meniadakan segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan, pada semua sektor yang terkait dengan pariwisata dan ekonomi kreatif,  selama periode masa darurat bencana virus corona yang telah ditetapkan oleh BNPB.

Pada kesempatan tersebut Wishnutama menyatakan sedang mempersiapkan kerja sama dengan jaringan hotel untuk dijadikan sarana tempat tinggal bagi para tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah agar para tenaga  medis  lebih dekat dengan fasilitas kesehatan guna menunjang tugasnya dalam  menangani wabah.

Kemenparekraf juga sedang melakukan koordinasi dengan penyedia jasa transportasi untuk menyediakan alat transportasi bagi para petugas medis dan gugus tugas. Selian itu pemerintah juga akan berupaya menghasilkan stimulus ekonomi agar meringankan beban dan biaya untuk para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif
sehingga dapat mengurangi potensi PHK karyawan di sektor tersebut.

“Kami harus katakan bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang paling pertama terdampak dan mempunyai tantangan sangat besar dalam menghadpai dampak wabah covid-19. Jika kita bicara sektor pariwisata, saya tidak hanya bicara mengenai hotel, restoran, event organizer, travel agent, dan lain-lain. Juga ada jutaan pekerja yang terlibat di dalamnya, termasuk usaha  kecil dan menengah.

Dalam waktu dekat ini menurutnya pemerintah akan segera mengumumkan langkah konkrit terkait hal-hal di atas.

” Kami mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif saling membantu dalam kondisi ini. Khusus untuk para pelaku ekonomi kreatif seperti televisi, film, rumah produksi, konten creator, raido, animasi, desain grafis, artis seniman, juga berbagai komunitas dan jejaring kreatif di berbagai daerah saya mohon untuk terlibat aktif dalam membantu pemerintah termasuk menghibur mayarakat dalam menghadapi covid-19,” tambahnya.

“Kami telah lihat banyak inisiatif yang luar biasa dari para pelaku kreatif di Indonesia. Untuk itu saya mengucapkan apresiasi dan banyak terima kasih. Pelaku industri kreatif akan sangat membantu usaha pemerintah dalam mengedukasi masyarakat, ” tutup Wishnutama dalam press statement tersebut. ***

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*