Yuk Ikutan Lomba Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 Berhadiah Hingga Rp 500 Juta

Tag Pariwisata, Jakarta – Pendaftaran lomba untuk karya feature tulisan dan tayangan televisi dalam lomba Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019 diperpanjang hingga Sabtu, 24 Agustus 2019.

APWI merupakan kompetisi tulisan serta video feature untuk para pewarta wisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

Karya-karya yang akan diikutsertakan dalam lomba tersebut harus pernah ditayangkan di media massa baik koran, majalah, online, blog, serta televisi sepanjang 2019.

Tahun ini, APWI mengambil tema kompetisi, “Millennial Tourism” dan satu tambahan kategori khusus “Destinasi Super Prioritas” dengan masa pendaftaran karya feature hingga Sabtu, 24 Agustus 2019.

Millenial Tourism adalah semua kegiatan wisata yang menarik untuk kaum milenial baik dari sisi destinasi, atraksi, sampai pada akses dan fasilitas yang memudahkan serta disukai anak muda. Baru, unik, viral, digital, serta instagramable menjadi ciri yang identik dengan konsep “Millennial Tourism”.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan tema “Millennial Tourism” sesuai dengan fokus Kementerian Pariwisata dalam menyongsong era industri pariwisata 4.0.

“Lebih dari 50 persen inbound travellers Indonesia adalah milenial yang digital savvy. Sekitar 70 persen travellers millennial melakukan search dan share-nya sudah melalui media digital. Tourism 4.0 bisa dikatakan sebagai pariwisata untuk milenial yang memang seluruh aspeknya hidupnya bergantung pada digital. Intinya, milenial menuntut adanya digital experience dari setiap titik di dalam consumer journey mereka.” ujar Menpar, Senin (19/8) di Jakarta.

Selain itu, khusus untuk APWI 2019, satu kategori khusus ditambahkan dengan tema Destinasi Super Prioritas. Kategori ini melombakan feature tulisan serta tayangan televisi yang menceritakan mengenai keindahan serta serunya kegiatan berwisata di Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika, serta Likupang.

Kompetisi APWI 2019 berhadiah total Rp500 juta, dengan pemenang Best of The Best akan mendapatkan hadiah sebesar Rp100 juta.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti menjelaskan penyelenggaraan APWI merupakan bentuk apresiasi kepada para pewarta wisata yang selama ini ikut membantu mempromosikan serta menyosialisasikan kebijakan dan destinasi pariwisata kepada masyarakat luas.

“Sebagai bentuk apresiasi Kementerian Pariwisata, APWI diselenggarakan dengan total hadiah mencapai Rp500 juta. Ayo ikut sertakan karya feature tulisan dan tayangan televisi dari rekan-rekan dalam APWI 2019. Kami tunggu karya terbaik rekan-rekan pewarta hingga Sabtu, 24 Agustus 2019,” ajak Guntur.

Karya feature tulisan dan tayangan televisi dapat dikirimkan via email apwi.kemenpar@gmail.com atau via pos ke kantor Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Gedung Sapta Pesona, Jl. Medan Merdeka Barat No.17-19, RT.2/RW.3, Gambir, Jakarta Pusat 10110 dengan CP Anggy – 081934107979 atau Paulin – 085695478238.***

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*